Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas
/ Smester : IV / I
Alokasi
Waktu : 2x35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Memahami
sejarah, kenampakan dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi
B. Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan
kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya
dengan keragaman sosial dan budaya
C. Indikator
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian gunung.
2. Siswa
dapat menyebutkan bagian-bagian dari gunung.
3. Siswa
dapat menjelaskan penyebab erosi di gunung dan penanggulangannya.
4. Siswa
dapat menjelaskan bencana apa saja yang terjadi di gunung.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
penjelasan guru siswa dapat menjelaskan pengertian gunung.
2. Melalui
penjelasan guru siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari gunung.
3. Melalui
penjelasan guru siswa dapat menjelaskan penyebab erosi di gunung dan penanggulangannya.
4. Melalui
penjelasan guru siswa dapat menjelaskan bencana apa saja yang terjadi di
gunung.
E.
Materi
ajar
Gunung adalah kenampakan
bumi yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Sedangkan kumpulan dari beberapa
gunung disebut dengan pegunungan. Gunung dibagi menjadi 3 bagian, bagian
pertama adalah puncak gunung, kedua adalah lereng dan ketiga adalah kaki
gunung. Di gunung yang masih hijau banyak terdapat pepohonan dan binatang
binatang, tetapi sekarang sudah banyak gunung yang gundul, gunung yang gundul
ada yang disebabkan oleh manusia dan ada juga yang disebabkan oleh kebakaran
hutan saat musim kemarau, lahan gunung yang gundul apabila terus menerus
terkena hujan bisa menyebabkan erosi, dan salah satu pencegahan erosi yang bisa
kita lakukan adalah dengan membuat terasering ataupun melakukan reboisasi.
Selain itu, bencana alam yang bisa terjadi di gunung adalah gunung meletus,
gunung meletus adalah peristiwa dimana bumi mengeluarkan isinya yang berupa
batu-batuan, lumpur, gas dan lava.
F.
Pendekatan,
Model dan Metode
Pendekatan :
Konstruktivisme
Model :
Mind-mapping
Metode :
Ceramah
G. Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran dengan
berdoa, mengabsen dan menanyakan kabar peserta didik.
2.
Guru melakukan apersepsi mengenai
materi pelajaran yang telah disampaikan minggu lalu dan memberikan gambaran
umum mengenai materi pembelajaran yang akan disampaikan sekarang.
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa diberikan penjelasan
mengenai gunung oleh guru melalui media.
2.
Siswa disuruh untuk membuat mind
map mengenai materi yang diajarkan sesuai dengan apa yang mereka tangkap.
3.
Siswa disuruh untuk menjawab
pertanyaan sesuai dengan materi yang telah diajarkan.
4.
Salah seorang siswa diajak untuk
menjelaskan apa yang telah dituliskan dalam mind map buatannya.
|
50
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dibimbing untuk
menyimpulkan hasil dari kegiatan belajar.
2.
Guru menutup pembelajaran dengan
memberikan motivasi, dan berdoa dengan dipimpin oleh salah seorang siswa.
|
10
menit
|
H. Media dan Sumber
Media : Flip
Chart mengenai materi Gunung
1. Kertas Manila
2. Spidol berwarna
3. Kertas lipat
4. Gunting
5. Lem
6. Gambar apa saja yang ada di Gunung
7. Gambar Gunung meletus
8. Gambar Gunung yang masih hijau dan Gunung yang gundul
Sumber : 1. Susanti, dkk. 2008. Ilmu
Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar
Kelas 4. Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan nasional:
Jakarta
2. Flip Chart mengenai materi Gunung
I.
Penilaian
1. Penilaian
Sikap
Penilaian sikap melalui observasi/pengamatan.
a. Teknik :
Non tes (pengamatan)
b. Bentuk :
Lembar pengamatan
c. Tabel
penilaian :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Total
|
Rerata
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Percaya diri
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1
: Kurang
2
: Cukup
3
: Baik
4
: Sangat baik
Skor
maksimum : 12
Nilai maksimum : 100
Untuk penilaian dapat anda modifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan penilian, di atas adalah contohnya.
bagaimana untuk cara mengapoudnya
BalasHapus