Kamis, 28 Januari 2016

Contoh RPP Kelas IV smester 1

                                           Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Smester           : IV / I
Alokasi Waktu            : 2x35 menit

A.  Standar Kompetensi
1.      Memahami sejarah, kenampakan dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
B.  Kompetensi Dasar
1.2  Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya
C.  Indikator
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian gunung.
2.      Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari gunung.
3.      Siswa dapat menjelaskan penyebab erosi di gunung dan penanggulangannya.
4.      Siswa dapat menjelaskan bencana apa saja yang terjadi di gunung.
D.  Tujuan Pembelajaran
          1.      Melalui penjelasan guru siswa dapat menjelaskan pengertian gunung.
          2.      Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari gunung.
          3.      Melalui penjelasan guru siswa dapat menjelaskan penyebab erosi di gunung dan penanggulangannya.
          4.      Melalui penjelasan guru siswa dapat menjelaskan bencana apa saja yang terjadi di gunung.
E.   Materi ajar
Gunung adalah kenampakan bumi yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Sedangkan kumpulan dari beberapa gunung disebut dengan pegunungan. Gunung dibagi menjadi 3 bagian, bagian pertama adalah puncak gunung, kedua adalah lereng dan ketiga adalah kaki gunung. Di gunung yang masih hijau banyak terdapat pepohonan dan binatang binatang, tetapi sekarang sudah banyak gunung yang gundul, gunung yang gundul ada yang disebabkan oleh manusia dan ada juga yang disebabkan oleh kebakaran hutan saat musim kemarau, lahan gunung yang gundul apabila terus menerus terkena hujan bisa menyebabkan erosi, dan salah satu pencegahan erosi yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat terasering ataupun melakukan reboisasi. Selain itu, bencana alam yang bisa terjadi di gunung adalah gunung meletus, gunung meletus adalah peristiwa dimana bumi mengeluarkan isinya yang berupa batu-batuan, lumpur, gas dan lava.

F.   Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan        : Konstruktivisme
Model                : Mind-mapping
Metode              : Ceramah
G.  Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan berdoa, mengabsen dan menanyakan kabar peserta didik.
2.      Guru melakukan apersepsi mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan minggu lalu dan memberikan gambaran umum mengenai materi pembelajaran yang akan disampaikan sekarang.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa diberikan penjelasan mengenai gunung oleh guru melalui media.
2.      Siswa disuruh untuk membuat mind map mengenai materi yang diajarkan sesuai dengan apa yang mereka tangkap.
3.      Siswa disuruh untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan materi yang telah diajarkan.
4.      Salah seorang siswa diajak untuk menjelaskan apa yang telah dituliskan dalam mind map buatannya.
50 menit
Penutup
1.      Siswa dibimbing untuk menyimpulkan hasil dari kegiatan belajar.
2.      Guru menutup pembelajaran dengan memberikan motivasi, dan berdoa dengan dipimpin oleh salah seorang siswa.
10 menit

H.  Media dan Sumber
Media    : Flip Chart mengenai materi Gunung
  1. Kertas Manila
                 2. Spidol berwarna
                 3. Kertas lipat
  4. Gunting
  5. Lem
  6. Gambar apa saja yang ada di Gunung
  7. Gambar Gunung meletus
  8. Gambar Gunung yang masih hijau dan Gunung yang gundul
Sumber  : 1. Susanti, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar   
      Kelas 4. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan nasional:    
      Jakarta
  2. Flip Chart mengenai materi Gunung

I.     Penilaian
1.      Penilaian Sikap
Penilaian sikap melalui observasi/pengamatan.
a.       Teknik                    : Non tes (pengamatan)
b.      Bentuk                    : Lembar pengamatan
c.       Tabel penilaian       :
No
Aspek yang dinilai
Skor
Total
Rerata
1
2
3
4
1
Tanggung jawab






2
Percaya diri






3
Disiplin






Keterangan             :
1           : Kurang
2           : Cukup
3           : Baik
4           : Sangat baik
Skor maksimum      : 12
            Nilai maksimum      : 100

Untuk penilaian dapat anda modifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan penilian, di atas adalah contohnya. 

1 komentar: